Minyak Esensial Kopi Untuk Industri Flavour & Fragrance

Kopi merupakan minuman penyegar dengan citarasa yang sangat khas. Citarasa dan pengaruh fisikologis kesegarannya menyebabkan banyak diminati konsumen di seluruh dunia, bahkan menjadi salah satu menu utama dalam berbagai perjamuan resmi.

Seiring perkembangan zaman kopi tidak hanya di nikmati dengan cara diseduh dalam sebuah cangkir, dengan kecanggihan teknologi kini flavour & fragrance (rasa & aroma) kopi dapat dinikmati dalam berbagai produk. Untuk flavour kopi banyak digunakan dalam industri makanan dan minuman, sedangkan fragrance digunakan pada industri consumer care product dan toiletries.

Minyak kopi dapat diperoleh dari biji kopi kering maupun dari biji kopi yang telah disangrai. Minyak kopi yang diperoleh dari biji kopi sangrai dapat digunakan sebagai flavouring. Penggunaan minyak kopi tersebut antara lain untuk memperbaiki flavour pada minuman yang berbahan dasar kopi (coffe beverages), sebagai flavouring pada makanan antara lain permen, kue, wafer, pudding, ice cream dan sebagainya dengan mengusung citarasa kopi didalam produknya.

Flavor kopi biasanya di aplikasikan pada :

  • Bakery
  • Permen
  • Beverages (minuman kemasan kopi)
  • Waffer
  • Ice Cream

Dan sebagainya dengan mengusung citarasa kopi didalam produknya.

Pada proses penyaringan kopi terbentuk flavour kopi, warna biji kopi menjadi lebih gelap dan tekstur biji menjadi rapuh. Selama penyangraian terjadi reaksi Maillard, degradasi Stecker, pirolisa dan reaksi lainnya, menghasilkan banyak senyawa volatile, lebih dari 800 senyawa telah teridentifikasi pada kopi sangrai. Sebagian besar komponen flavour kopi larut dalam minyak dan dapat diekstrak bersamaan dengan lipida dari kopi sangrai.

Rotary Evaporator dari IKA RV 10 digital V  alat untuk proses ekstrasi minyak kopi, unit ini dilengkapi dengan wadah pemanas universal yang baru, peralatan gelas vertikal, fitur keselamatan canggih dan konektivitas digital. RV 10 Digital adalah pendamping laboratorium yang kuat dan handal.

Gbr. Rotary Evaporator IKA RV 10 digital V
Klik brosur

Sedangkan untuk pengukuran warna kopi baik setelah di sangrai atau setelah melalui proses ekstrasi dapat menggunakan Spectrophotometer CM-5 Konica Minolta mengukur sample berbahan cairan atau larutan dalam jumlah kecil. Dilengkapi dengan aksesoris berupa Cell Measurement Set berukuran 10mm, yang didesain khusus untuk pengujian sampel.

Aksesories ini juga dapat digunakan untuk pengujian menggunakan indeks Gardner, yaitu indeks yang umum digunakan pada pengujian sampel berbentuk cairan warna kuning muda hingga coklat tua yang umumnya ditemukan pada proses penyangraian dan ekstrasi kopi.

Gbr. Spectrophotometer CM-5 Konica Minolta
Klik brosur

Kopi mengandung kafein antara 1-1,4%. Kafein merupakan senyawa kimia alkaloid yang bermanfaat untuk kesehatan kulit seperti memperbaiki kulit rusak, dapat menetralkan kulit teriritasi dan memberikan nutrisi pada kulit, serta menghilangkan bau badan. Sehingga kopi, tak hanya dijadikan bahan baku produk makan sebagai flavour, kopi sangat baik dijadikan bahan utama produk consumer care product.

Fragrance sering diaplikasikan untuk :

  • Body Parfum
  • Kosmetik
  • Personal Care (Shampoo, body scrub, sabun, lotion,etc)
  • Pewangi Ruangan
  • Cairan pembersih lantai
  • Pasir kucing/anjing

Uji pH merupakan salah satu parameter penting dalam analisis produk, karena pH dalam sediaan yang dipakai dapat mempengaruhi daya absorpsi kulit. Karena ketika kadar pH sedikit lebih asam bisa menciptakan masalah pada kulit seperti infeksi sedangkan apabila pH terlali basa bisa menyebabkan alergi.

Pengukuran pH tidak hanya tergantung pada pengukur pH. Semua komponen pada sistem harus bekerja maksimal agar dapat memberikan hasil terbaik yang dapat diandalkan. Pastika sistem elektrokimia sudah lengkap, yakni dengan memilih sensor, larutan dan layangan pemasangan yang tepat bagi kebutuhan. pH meter S220-Basic dan Elektroda pH Inlab Viscous Pro-ISM Mettler Toledo dikhususkan untuk pengukuran pH dengan sampel berminyak.

Gbr. pH meter S220-Basic
Klik brosur

Uniknya minyak kopi dapat di buat dari biji kopi yang cacat (kondisi pecah, berlubang, biji terlalu muda atau tua, terlalu matang saat roasting) bisa di bilang bahan utamanya dengan memanfaatkan limbah kopi. Namun saat sudah menjadi minyak esensial, limbah kopi menjadi komoditas yang memiliki nilai ekonomi.

Informasi lebih lanjut mengenai peralatan untuk pengolahan minyak esensial kopi, hubungi marketing@almega.co.id.