Tips Persiapan Dalam Membuka Usaha Toko Emas

Emas merupakan sebuah benda bernilai tinggi yang harganya cenderung naik seiring waktu. Untuk itu, memulai usaha emas tentu dapat menjamin keuntungan yang berlimpah. Bukan hal yang tak mungkin Anda menjadikan emas sebagai produk bisnis Anda, misalnya usaha toko emas.

Jika melihat usaha retail, seperti makanan, pakaian, sepatu dan lainnya, mereka pasti tidak dapat menjual 100% barang mereka. Selalu ada barang sisa yang kemudian harus diobral atau disimpan di dalam gudang. Lain halnya bila Anda melakukan usaha di bidang Emas karena emas memiliki nilai jual yang tinggi.

Sebuah model perhiasan, walaupun sudah ketinggalan zaman, masih saja memiliki nilai yang terus meningkat mengikuti harga emas dunia. Emas sendiri tidak mudah rusak dan awet bila disimpan dengan benar, bahkan emas dapat disimpan hingga puluhan tahun dan bentuknya tidak akan berubah.

Selain itu, membeli emas tidaklah dikategorikan sebagai belanja konsumtif melainkan investasi. Tidak heran, banyak orang yang berbondong-bondong memulai usaha toko emas, baik melalui sistem franchise atau memulainya sendiri.

Jenis Usaha Toko Emas
Toko emas sendiri dapat dibagi menjadi 2 jenis dilihat dari teknik pemasarannya, yakni toko emas online dan toko emas offline. Di bawah ini adalah penjelasan untuk masing-masing jenis usaha tersebut:

Toko Emas Online


Perkembangan teknologi yang pesat memungkinkan usaha apapun dibentuk secara online. Tidak hanya usaha pakaian atau makanan, emas juga dapat diperdagangkan secara online. Toko disebut online apabila teknik penjualan dan pemasarannya menggunakan media internet baik melalui media sosial ataupun di market place. Berjualan online sendiri memiliki kelebihan, yaitu:

  • Segmen pasar luas karena melalui internet, toko Anda dapat “dihampiri” oleh seluruh masyarakat yang memiliki koneksi tersebut. Mulai dari dalam negeri hingga luar negeri.
  • Modal lebih sedikit. Yang diperlukan di toko emas online adalah emas untuk diperjualbelikan, koneksi internet dan barang elektronik (smartphone, laptop, komputer atau lainnya). Anda dapat menghemat biaya lain seperti biaya sewa lahan jualan, biaya karyawan, biaya inventaris toko dan lainnya.
  • Informasi dapat diberikan dengan mudah, cepat dan lengkap. 

Melalui teknik online ini, Toko Emas akan mudah menjual perhiasannya dengan jangkauan yang lebih luas dan tentu saja dengan biaya yang lebih murah. Akan tetapi kekurangan dari sistem online ini yaitu pada saat pengiriman barangnya, karena emas merupakan barang yang cukup mahal jadi akan cukup beresiko untuk mengirimnya dengan menggunakan ekspedisi.

Biasanya Toko Emas online ini akan menawarkan asuransi untuk pengirimannya, untuk meminimalkan resiko kehilangan saat proses kirim. Selain itu, dibutuhkan kepercayaan penuh bagi pembeli karena mereka tidak dapat melihat langsung perhiasan yang akan dibeli.

Toko Emas Offline

Toko offline merupakan toko konvensional pada umumnya, di mana Anda memajang barang jualan Anda secara fisik di etalase toko. Berjualan emas di toko konvensional nyatanya memiliki kelebihannya dibandingkan toko online, yaitu:

  • Pelanggan dapat melihat langsung barang yang ingin mereka beli dan memeriksanya.
  • Lebih dipercaya oleh pelanggan karena memiliki toko fisik yang dapat dikunjungi jika di kemudian hari terdapat masalah.

Salah satu pertimbangan untuk membuka toko emas konvensional adalah biaya yang diperlukan, mulai dari tempat usaha hingga karyawan.

Namun pada jaman yang sudah semakin maju, Toko emas biasanya menggabungkan teknik penjualannya secara offline dan online. Anda bisa memajang perhiasan di etalase toko sekaligus memasarkannya secara online supaya cakupan customer bisa lebih luas , apalagi di saat pandemi saat ini yang terkadang ada peraturan untuk menutup toko pada jangka waktu tertentu, maka berjualan secara online merupakan salah satu pilihan agar usaha tetap bisa berjalan.


Persiapan Sebelum Membuka Usaha Toko Emas
 

Melihat potensi keuntungannya, siapa yang tak ingin berbisnis emas? Bahkan jika modal cekak pun, anda tetap bisa menjalankan usaha toko emas kekinian secara online juga. Membuka usaha toko emas memiliki dasar seperti membuka usaha bidang lainnya. Untuk sukses membuka usaha toko emas, Anda memerlukan beberapa persiapan di bawah ini.

1. Pengetahuan Mengenai Emas

Paling tidak, Anda harus mengetahui mana yang termasuk kualitas emas yang baik dan buruk. Dengan memperhatikan kualitas, Anda dapat mempertahankan kepuasan pelanggan. Karena, layaknya semua bisnis, kesuksesan tergantung pada kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan.

2. Modal Usaha

Selain dari dalam diri, Anda pun membutuhkan bantuan eksternal, yaitu modal usaha. Modal ini berkaitan dengan kelancaran usaha, operasional serta penjualan Anda. Tahap pertama adalah mengetahui berapa jumlah dana yang Anda butuhkan.

3. Target Bisnis: Konsumen, Harga, dan Lokasi

Siapakah target konsumen Anda?Apabila konsumen datang dari penjualan online, maka perlu mengatur harga jual, lalu informasikan produk dengan jelas, teknis pengiriman, dan asuransinya. 

4. Model Perhiasan

Usahakan untuk menjual perhiasan sesuai dengan trend yang sedang berlaku saat ini dan tentu saja yang modelnya disukai oleh pelanggan. Jika perhiasan yang anda jual modelnya menarik dan bervariasi maka pelanggan akan menyukai toko anda.

5. Strategi Pemasaran

Apabila menginginkan toko emas Anda lebih dikenal orang maka perlu memanfaatkan perkembangan teknologi untuk melakukan aktivitas pemasaran. Anda dapat menggunakan media sosial sebagai jalur marketing Anda. 


Nah Selain tips diatas, untuk membuka toko emas memerlukan peralatan dan perlengkapan untuk menunjang dalam penjualan emas itu sendiri. Salah satu hal terpenting yang harus dimiliki yaitu Timbangan Emas. Tentunya para pemilik Toko Emas harus jeli dalam memilih merk dan type timbangannya supaya tidak dihasilkan kerugian dalam penjualannya.

Selain itu dengan memiliki timbangan yang akurat juga dapat meningkatkan kepercayaan pembeli dalam memilih toko emas yang dapat dipercaya. Mettler Toledo mempunyai timbangan emas dengan tipe JL1502 GE.

Gbr. Mettler Toledo JL 1502 GE
Klik brosur

Timbangan Mettler Toledo JL1502GE Kuat dan ringan, dan cocok untuk menimbang perhiasan dimana saja. Desainnya ultra-ramping jadi sangat cocok untuk ruang kecil dan mudah dibawa ke mana pun Anda ingin menimbang. Layar backlit dengan angka besar mudah dibaca dalam kondisi pencahayaan yang terang dan redup. Tatakan penimbangan terbuat dari stainless steel serta konstruksi yang kuat memastikan kinerja yang andal

Battery Operation
Gunakan baterai ketika Anda membutuhkan fleksibilitas total untuk menimbang dimana saja atau ketika aliran listrik tidak tersedia untuk charge.


Bright Display
Layar backlit dengan angka besar mudah dibaca dalam kondisi pencahayaan yang terang dan redup


Space save Design
Desainya ultra-ramping jadi sangat cocok untuk ruang kecil dan mudah dibawa ke mana pun Anda ingin menimbang.

Disaat penggunaan alat seperti timbangan, kita tidak bisa menghindari ada kalanya alat yang kita pakai ada kerusakan atau eror. Kami memahami bahwa kerusakan pada instrumen berarti kehilangan waktu dan biaya yang berharga bagi pelanggan. Di Almega Service center, teknisi servis profesional kami memberi Anda saran dan solusi untuk menyelesaikan masalah timbangan Anda.

Dengan pengalaman yang luas di lapangan, teknisi kami juga menyediakan konsultasi yang diperlukan terkait dengan instrumen dan kami akan berusaha memberikan solusi yang paling sesuai untuk Anda.

Pemeliharaan / Maintenance
Agar instrumen Anda tetap beroperasi dengan kinerja yang baik, perawatan harus menjadi bagian penting dari prioritas Anda. Untuk menjawab tantangan ini, Almega Service center menawarkan kontrak service untuk membantu Anda dalam memelihara instrumen Anda, memastikan aplikasi Anda bebas dari kesalahan.

Penggantian Sparepart/Suku cadang
Dalam kasus kerusakan instrumen, penggantian suku cadang mungkin diperlukan. Almega Service center memberi Anda layanan pengganti sparepart untuk mengantisipasi kejadian ini. Kami hanya menggunakan sparepart asli yang dipesan langsung dari METTLER TOLEDO, oleh karena itu kami memberikan jaminan bahwa instrumen Anda ada di tangan yang tepat.
 

Untuk informasi lebih lanjut atau apabila ada pertanyaan, silahkan mengirimkan email ke : marketing@almega.co.id.