Mengukur Warna Cat Otomotif

Cat metalik atau pearlescent sering digunakan pada lapisan eksterior kendaraan untuk menciptakan tampilan yang lebih dinamis, dan mengukur warnanya dapat menjadi tantangan. 

Cat ini mengandung serpihan aluminium atau mika yang menyebabkan cahaya dipantulkan ke arah yang berbeda, yang menyebabkan variasi warna dan kecerahan dalam arah tampilan dan iluminasi yang berbeda. 

Karena penampilan kendaraan bergantung pada sudut pengamatan, warna harus diukur dan dikontrol pada berbagai sudut.


Selain itu, permukaan bentuk bebas banyak digunakan pada badan kendaraan untuk tujuan fungsional atau estetis. Mengukur pengukuran warna permukaan bentuk bebas bisa jadi sulit karena kelengkungannya. Permukaannya yang tidak rata sering menyulitkan instrumen pengukur warna konvensional untuk mencapai pembacaan pengukuran yang stabil.

Untuk mengukur dan mengontrol warna cat metalik dan pearlescent secara efektif , alat pengukur warna seperti Multi-Angle Spectrophotometer CM-M6 direkomendasikan. 

CM-M6 memiliki 6 sudut pandang aspecular yaitu -15°, 15°, 25°, 45°, 75°, dan 110° yang dapat mengukur warna cat metalik dan pearlescent secara efektif. Dilengkapi dengan sistem iluminasi jalur ganda yang dipatenkan, CM-M6 menggunakan 2 sistem optik simetris yang dapat mengimbangi sedikit kemiringan ke posisi instrumen selama pengukuran, menawarkan hasil pengukuran yang stabil pada permukaan yang tidak rata (radius> 300).

Gbr. Spectrophotometer CM-M6
Klik brosur
Layar tampilan pengukuran Spektrofotometer Multi-Sudut CM-M6

Sistem iluminasi jalur ganda yang dipatenkan Spektrofotometer Multi-Sudut CM-M6

CM-M6 juga dilengkapi dengan area pengukuran 6 mm yang ideal untuk pengukuran komponen otomotif kecil atau melengkung seperti antena sirip hiu, gagang pintu, dan sensor mundur.

Untuk informasi dan konsultasi mengenai produk dengan tim ahli dapat menghubungi marketing@almega.co.id.