Mengukur Warna Novolac Resin, APHA Color atau Gardner Color ?

Novolac resin merupakan salah satu jenis resin fenol formaldehida jenis thermoset yang banyak digunakan dalam industri. Dalam proses pembuatan resin ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan yakni komposisi monomer, katalis dan pelarut guna menghasilkan produk polimer dengan kualitas baik. Pencampuran beberapa bahan baku dapat menyebabkan warna resin yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Warna dari Novolac Resin harus berwarna kuning transparent hal ini menjadi kelebihan dari resin novolak yang mudah dicetak, dibentuk dan diwarnai.
                                                                                                                               
Untuk memiliki resin dengan kualitas yang baik maka resin perlu menjalani pengujian kontrol kualitas yang ketat untuk memenuhi spesifikasi kualitas yang diinginkan dan pengukuran warna merupakan bagian penting dari prosedur pengujian ini. Selain ruang warna seperti CIE L*a*b dan L*C*h, indeks warna standar industri seperti APHA Color dan Gardner Color umumnya digunakan untuk mengukur warna bahan kimia cair.

Warna APHA, juga disebut skala Hazen atau Platinum Cobalt (Pt-Co) memiliki kisaran 0 (bening akromatik) hingga 500 (kuning muda) dan pada awalnya dikembangkan untuk mengevaluasi kualitas air. Sejak saat itu, penggunaannya meluas ke bahan kimia cair. Sedangkan Gardner Color dengan kisaran 1 (kuning Muda) hingga 18 (merah) umumnya digunakan untuk mengevaluasi warna minyak pengering, pernis, lesitin, asam lemak, larutan resin dan produk kimia cair yang kekuningan dan kemerahan.
 
Bentuk paling awal dari APHA Color dan Gardner Color adalah standar cair dan mengandalkan pembanding sampel terhadap standar cair secara visual. Metode ini subyektif dan sulit mempertahankan penilaian warna yang konsisten. Saat ini, dengan teknologi pengukuran warna yang canggih, pengukuran warna bahan kimia dapat dilakukan secara objektif dan konsisten menggunakan alat ukur warna seperti Spektrofotometer CM-5.

Spektrofotometer CM-5 mampu melakukan metode pantulan dan transmisi, dapat mengukur warna sampel dalam berbagai betuk seperti padat, pasta, butiran dan cair. Menawarkan semua sistem kolorimetri utama termasuk indeks warna standar industri seperti APHA, Skala Warna Gardner, dan Nomor Warna Yodium. Dengan tambahan SpectraMagic NX, indeks seperti Correlated Haze juga tersedia.

Gbr. Spektrofotometer CM-5
Klik Brosur

Kebutuhan akan novolac resin di Indonesia semakin meningkat seiring dengan penggunaannya di industri seperti industri mobil, industri plastik, industri perekat, industri cat dan industri-industri lainnya yang mengakibatkan kebutuhan novolac resin semakin tinggi. Biasanya digunakan sebagai bahan baku maupun bahan tambahan.
 
Buat janji untuk demo produk, dan dapatkan konsultasi gratis tentang pengkuran warna APHA dan Gardner dengan menghubungi marketing@almega.co.id.