Tips Membuka Bisnis Frozen Food Daging Ayam

Ayam merupakan jenis protein hewani yang banyak digemari oleh banyak orang. Hal ini karena daging ayam sangat mudah untuk ditemui dan bisa diolah menjadi beragam masakan lezat yang disukai.

Selain itu, mengkonsumsi daging ayam ternyata juga membawa beberapa manfaat untuk kesehatan yaitu :

1. Menguatkan Otot dan Tulang

manfaat daging ayam yang bisa diperoleh ialah menguatkan otot dan tulang. Protein tanpa lemak dalam ayam merupakan sumber asam amino yang sangat baik. Tubuh menggunakan asam amino untuk membangun jaringan otot, sesuatu yang sangat penting seiring bertambahnya usia.

Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan protein yang lebih tinggi membantu menjaga kepadatan mineral tulang. Jadi, makan ayam dapat membantu membangun otot yang lebih kuat dan meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi risiko cedera dan penyakit seperti osteoporosis. Selain protein, ayam kaya akan beberapa mineral seperti fosfor dan kalsium, yang membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, daging ayam memiliki selenium yang telah diketahui dapat mengurangi risiko radang sendi.


2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ayam kaya akan vitamin B6, sebuah vitamin yang memainkan peran penting dalam mencegah serangan jantung. Vitamin B6 juga membantu menurunkan kadar homosistein, salah satu komponen kunci yang terkait dengan peningkatan risiko serangan jantung. Selain itu, daging ayam merupakan sumber niasin yang baik yang membantu menurunkan kolesterol, salah satu faktor risiko perkembangan penyakit jantung.

Mengkonsumsi daging ayam daripada daging merah lebih aman karena mengandung lebih sedikit lemak jenuh dan juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang menunjukkan efek kardiovaskular menguntungkan.

3. Mengelola Berat Badan Sehingga Cocok untuk Menu Diet

Ayam kaya akan berbagai nutrisi penting dan dapat menjadi tambahan yang sangat baik untuk makanan diet yang sehat. Mengingat bahwa ayam rendah kalori tetapi tinggi protein, sehingga sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Melihat dari manfaat konsumsi daging ayam diatas, banyak orang yang lebih tertarik membeli daging ayam untuk komsumsi setiap harinya. Ini membuat banyak orang melirik bisnis menjual daging ayam potongan yang kemudian diolah menjadi frozen food. Hal ini tak lepas dari semakin banyaknya orang yang kini menaruh minat untuk membeli frozen food, terutama untuk stok makanan keluarga di rumah.

Frozen food adalah makanan yang sudah diolah, lalu disimpan dalam keadaan beku untuk memperpanjang masa simpan produk dengan menghambat pertumbuhan mikroba, reaksi enzimatis, dan kimiawi sehingga produk tetap aman dan terjaga kualitasnya.

Itulah sebabnya frozen food merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan sehingga jadi tren usaha dengan peluang yang menguntungkan karena sifatnya yang praktis. Apalagi jika produk ayam yang Anda jual tersebut tidak menggunakan bahan-bahan pengawet berbahaya sehingga jadi daya tarik tersendiri.

Langkah langkah yang mungkin bisa menjadi tips bagi Anda yang ingin membuka usaha di bidang frozen food ayam yaitu :

Menentukan jenis ayam yang akan dijual
Mulailah dengan memilih jenis ayam apa yang akan dijual karena ayam dijual dalam beragam bentuk. Mulai dari ayam karkas, ayam potong yang dijual per bagian, dan lain sebagainya.

Hitung modal awal dengan cermat
Apabila sudah menentukan produk ayam beku seperti apa yang akan dijual, maka berikutnya harus mulai menghitung anggaran modal awal yang dibutuhkan, hitung kebutuhan apa saja yang perlu disertakan dalam perhitungan modal awal usaha, termasuk biaya yang dikeluarkan jika harus bekerja sama dengan vendor atau pemasok. 

Siapkan peralatan yang dibutuhkan
Persiapkan peralatan yang dibutuhkan terutama untuk pembekuan makanan. Jangan ragu untuk membeli peralatan dengan kualitas terbaik agar tidak mudah rusak. Karena apabila peralatannya mudah rusak, biaya perbaikan yang dibutuhkan umumnya tidak sedikit, selain itu, proses produksi juga dapat terhambat apabila peralatannya sering rusak. Beberapa peralatan yang digunakan untuk menjalankan bisnis frozen food antara lain:

  • Mesin pembeku (freezer)
  • Timbangan digital
  • Plastik kemasan khusus makanan beku
  • Mesin vakum kemasan
  • Alat press kemasan
  • Dan peralatan untuk membuat produk seperti: panci, wajan, spatula, kompor gas, blender, chopper, dan lainnya. 

Metode pengemasan
Pengemasan sangat penting dan memengaruhi kualitas serta ketahanan makanan. Maka dari itu, pastikan menggunakan plastik khusus makanan beku yang tidak memiliki pori. Selain itu, vakum kemasan dengan menggunakan mesin vakum untuk mengeliminasi udara di dalam kemasan. Makanan beku harus menggunakan kemasan yang tertutup rapat dan kedap udara.

Tujuannya adalah mencegah bakteri atau benda asing lainnya agar tidak masuk agar ketahanan makanan terjaga dengan baik. Jangan lupa untuk memberi label pada kemasan serta keterangan kadaluarsa produk di bungkus makanannya. Agar lebih menarik juga bisa menambahkan desain logo atau desain kemasan agar terlihat lebih menarik.

Salah satu peralatan yang harus ada dalam pengolahan daging ayam tersebut yaitu timbangan karena sebelum dikemas, daging akan ditimbang terlebih dahulu sesuai dengan berat yang tertera dalam kemasan.

Untuk menimbang daging ayam itu dibutuhkan timbangan yang sudah teruji keakuratan hasilnya dan tentunya harus yang mudah untuk dibersihkan agar tetap terjaga higienitasnya, salah satu timbangan yang dapat digunakan yaitu Timbangan BPA121 Mettler Toledo.

Gbr. Timbangan BPA 121 Mettler Toledo
Klik brosur

Timbangan portabel BPA121 secara khusus dirancang untuk aplikasi pengolahan makanan dan  menawarkan perlindungan yang tinggi terhadap air penetrasi serta kelembaban, dan dibangun untuk menahan lingkungan yang basah dan keras.

Timbangan ini memenuhi desain higienis dasar persyaratan dan dirancang untuk memudahkan pembersihan. Model skala dengan opsi tampilan tunggal atau ganda tersedia untuk berbagai kondisi kerja. Kecerahan Tampilan LED yang dapat disesuaikan membantu menghemat energi dan membuat tempat kerja lebih ergonomis.

Nyaman untuk dibawa

Housing plastik yang ringan dan portabel membuat timbangan ini cocok untuk dibawa dengan satu tangan saja.

Untuk informasi produk lebih lanjut bisa menghubungi marketing@almega.co.id.