Pemantauan CO₂ Pada Greenhouse

Perkembangan industri 4.0 telah mendorong semua industri untuk berinovasi tak terkecuali di sektor pertanian. Pengembangan pertanian moderen menuju kepada model pertanian cerdas (smart farming) atau pertanian presisi merupakan sebuah mekanisme pengelolaan lahan pertanian menjadi jauh lebih produktif dan efisien melalui keterlibatan teknologi informasi. Greenhouse menjadi salah satu solusi di era smart farming, Greenhouse adalah sebuah teknologi pada sektor pertanian yang cukup mengalami perkembangan yang pesat.

Greenhouse adalah lingkungan tertutup di mana kondisinya dioptimalkan untuk pertumbuhan tanaman. Kontrol optimal memerlukan informasi dari dalam dan luar ruangan. Biasanya karbon dioksida (CO₂), kelembaban relative, dan suhu diukur di dalam greenhouse, parameter luar meliputi kecapatan dan arah angin, hujan dan radiasi matahari.

Tanaman menggunakan karbon dioksida dalam reaksi fotosintesis. Produktivitas pada greenhouse dapat ditingkatkan dengan pemupukan CO₂ yang tepat, menggunakan CO₂ botolan atau CO₂ yang diproduksi pada siang hari atau saat tersedia cahaya.

Kondisi CO₂ yang optimal tergantung pada tanaman dan kondisi cahaya pada greenhouse. Ketika intensitas cahaya berkurang, fotosintesis melambat dan konsumsi CO₂ turun. Menggunakan terlalu banyak CO₂ meningkatkan biaya yang tidak perlu dan dapat berbahaya bagi tanaman.

Vaisala menawarkan instrumen untuk mengukur CO₂, kelembaban relatif dan suhu pada Lingkungan greenhouse. Vaisala CARBOCAP® Carbon Dioxide Probe GMP252 adalah probe tingkat ppm yang cerdas dan berdiri sendiri.

Untuk mengukur CO₂ dalam pertanian, pendingin, greenhouse, aplikasi HVAC yang menuntut dan untuk produsen ruang pertumbuhan tanaman.Cocok untuk Lingkungan pengukuran CO₂ yang keras dan lembab di mana diperlukan pengkuran CO₂ tingkat ppm yang stabil dan akurat. Kisaran suhu pengoprasian adalah -40 … +60 °C dan rentang pengukuran 0 … 10.000 ppm CO₂, dan bahkan hingga 30.000 ppm CO₂ dengan akurasi tepat.

Gbr. Vaisala CARBOCAP® Carbon Dioxide Probe GMP252
Klik brosur

Probe GMP252 adalah bagian dari keluarga produk Indigo dan dapat dihubungkan ke pemancar seri Indigo500 dan Indigo200 untuk memperluas fiturnya, misalnya untuk tampilan atau relai. GMP252 juga dapat digunakan dengan software PC Insight secara gratis.

Perubahan iklim memiliki pengaruh besar terhadap produksi pertanian. Perubahan iklim mempengaruhi kelembaban, suhu, angin dan lainnya yang memicu perkembangbiakan organisme lain yang berpotensi menjadi hama dan penyakit tanaman. Perubahan cuaca dan pemanasan global dapat menurunkan produksi pertanian antara 5-20% hal ini dapat berdampak terhadap ketahanan pangan. Dengan memiliki pemantau CO₂ pada greenhouse, petani selalu dapat mengoptimalkan ventilasi dan tingkat CO₂ yang sesuai.

Informasi lebih lanjut mengenai Vaisala CARBOCAP® Carbon Dioxide Probe GMP252 hubungi marketing@almega.co.id.